PENGERTIAN SISTEM INFORMASI MANAJAEMEN DAN MANFAAT UMUMNNYA
Berikut tulisan tentang definisi atau pengertian sistem informasi manajemen dan manfaatnya.
Saat ini kata manajemen sudah tidak asing lagi di telinga kita. Karena
setiap organisasi ataupun perusahaan tentunya memiliki manajemen untuk
mengatur segala kegiatan yang dijalankannya, bahkan sampai dunia
pendidikan-pun menggunakan manajemen untuk mengatur segala kegiatannya.
Lalu pada kesempatan kali ini kita akan memberikan penjelasan tentang
Sistem Informasi Manajemen, untuk memahaminya dapat kamu baca pada
tulisan kali ini.
A. Penjelasan Sistem Informasi Manajemen
Yang dimaksud Sistem Informasi Manajemen
adalah suatu sistem informasi yang digunakan oleh organisasi untuk
mengelola semua transaksi yang mendukung fungsi manajemen, dan dapat
berguna untuk pengambilan keputusan. Atau sistem informasi manajemen
yaitu sistem informasi yang menghasilkan Output dengan masukan Input dan berbagai proses lainnya yang hasilnya dibutuhkan untuk tujuan tertentu dalam kegiatan manajemen.
Sistem informasi manajemen sering sekali
disingkat dengan SIM, hasil dari SIM umumnya selalu menjadi
pertimbangan untuk mengambil suatu keputusan dalam sebuah organisasi.
Dengan menggunakan Sistem Informasi Manajemen, berbagai macam pekerjaan
yang ada hubungannya dengan analisis manajemen selalu dapat diselesaikan
dengan cepat. Sistem Informasi Manajemen dapat berjalan secara baik
jika didukung dengan teknologi yang canggih, sumber daya manusia yang
berkualitas dan komitmen organisasi. Sistem Informasi Manajemen sangat
berguna untuk mendukung fungsi manajemen, operasional dan pengambilan
suatu keputusan.
Kegiatan SIM juga dapat mendukung proses
bisnis pada sebuah perusahaan dan sangat penting untuk kelangsungan
perusahaan. Jadi perusahaan harus memiliki komitmen untuk menjalankan
Sistem Informasi Manajemen, supaya berbagai proses pada perusahaan
termasuk proses produksi dapat berjalan dengan baik dan tentunya dapat
memberikan keuntungan juga.
Supaya informasi yang dihasilkan oleh
Sistem Informasi Manajemen dapat berguna bagi manajemen, maka analisis
sistem harus mengetahui berbagai macam kebutuhan informasi yang
dibutuhkannya misalnya dengan mengetahui berbagai kegiatan pada
masing-masing tingkatan manajemen dalam organisasi dan tipe keputusan
yang bisa diambil untuk menyelesaikan permasalahan. Dapat dikatakan
bahwa dibentuknya sistem informasi manajemen atau SIM pada suatu
perusahaan yaitu supaya manajemen dapat memiliki berbagai informasi
bermanfaat yang nantinya dapat digunakan untuk pengambilan keputusan.
B. Proses Pada Sistem Informasi Manajemen
Tentunya untuk menjalankan SIM membutuhkan berbagai proses, inilah proses SIM dan aktivitas-aktivitasnya:
a. Perencanaan
Merupakan rumusan mengenai metode
kegiatan secara rinci, untuk mencapai tujuan atau target akhir dari
suatu organisasi. Jadi perencanaan merupakan langkah-langkah yang rinci
untuk mencapai suatu tujuan organisasi.
b. Pengendalian
Jika perencanaan telah dibuat dan
dilaksanakan atau di terapkan oleh anggota-anggota suatu organisasi,
maka manajer harus mengawasi pelaksanaan dari perencanaan tersebut
supaya dapat berjalan dengan baik dan tidak menyimpang dari jalur yang
sudah ditetapkan.
c. Pengambilan keputusan
Merupakan pemilihan keputusan diantara
berbagai macam alternatif yang ada, proses ini merupakan hasil dari
perencanaan dan pengendalian. Jadi manajer harus memilih diantara
berbagai macam keputusan yang ada supaya tujuan perusahaan atau
organisasi dapat tercapai.
C. Karakeristik Sistem Informasi Manajemen
Adapun karakteristik yang dimiliki oleh SIM, diantaranya:
- Meningkatkan efektifitas dan efesinsi dengan mengurangi pengeluaran biaya.
- Beroperasinya pada tugas yang terstruktur yaitu seperti pada prosedur perencanaan, pengawasan dan pengambilan keputusan.
- Menghasilkan Output misalnya berupa laporan yang berguna bagi manajemen untuk pengambilan suatu keputusan (keputusan yang diambli hasil dari pertimbangan dan analisis laporan).
D. Fungsi atau Manfaat SIM Secara Umum
Dapat disimpulkan dari penjelasan diatas tadi beberapa fungsi/manfaat SIM diantaranya:
- Untuk memudahkan manajemen dalam melakukan perencanaan, pengawasan dan pengambilan keputusan.
- Untuk meningkatkan efesiensi dalam mengakses data atau informasi supaya lebih cepat dan akurat.
- Untuk meningkatkan kualitas dari sumber daya manusia dan sumber daya lainnya yang dapat mendukung organisasi atau perusahaan.
E. Manfaat Sistem Informasi Manajemen Bagi Perusahaan
Adapun beberapa manfaat yang didapatkan dari SIM untuk perusahaan, diantaranya:
- Adanya ketersediaan kualitas dan keterampilan dalam memanfaatkan sistem informasi.
- Meningkatkan aksesbilitas informasi secara tepat waktu dan secara akurat untuk para penggunanya, tanpa diperlukan perantara.
- Dapat berguna untuk mengelola berbagai transaksi, mengurangi biaya dan menghasilkan informasi baru yang dapat menciptakan keuntungan.
- Dapat mengembangkan proses perencanaan yang telah dibuat supaya menjadi lebih efektif.
- Dapat mengidentifikasi berbagai macam kebutuhan keterampilan yang mendukung sistem informasi.
- Mengantisipasi dan memahami berbagai macam konsekuensi ekonomis dari suatu sistem informasi dan teknologi yang baru.
- Memperbaiki produktivitas dalam aplikasi pemeliharaan maupun pengembangan sistem informasi.
- Mendukung untuk pengambilan suatu keputusan manajemen.
F. Kenapa Sistem Informasi Manajemen Sangat Di Perlukan Dalam Bisnis?
Terdapat faktor-faktor lain yang membuat
SIM menjadi sangat diperlukan, salah satunya dalam dunia bisnis.
Misalnya manajer harus langsung berhadapan dengan lingkungan bisnis yang
semakin kompleks atau rumit. Salah satu alasannya dari kerumitan ini
yaitu semakin ketatnya persaingan dan peraturan yang dikeluarkan oleh
pemerintah. Bukan hanya rumit, tapi lingkungan bisnis juga selalu
dinamis sehingga para manajer harus membuat keputusan yang tepat dari
informasi yang telah di didapatkannya untuk membuat keputusan bisnisnya.
G. Klasifikasi Sistem Informasi Manajemen
SIM adalah kumpulan dari berbagai macam sistem informasi, oleh karena itu SIM terdiri dari sistem-sistem seperti:
a. Sistem informasi personalia
Menyediakan berbagai macam informasi yang ada hubungannya dengan anggota, pegawai, pengumuman dan lain-lain.
b. Sistem informasi akuntansi
Menyediakan berbagai macam informasi dari transaksi keuangan pada suatu organisasi atau perusahaan.
c. Sistem informasi pemasaran
Menyediakan berbagai macam informasi yang ada hubungannya dengan penjualan, promosi dan kegiatan pemasaran lainnya.
d. Sistem informasi manajemen persediaan
Menyediakan berbagai macam informasi yang ada hubungannya dengan persiapan, persediaan, cadangan dan lain-lain.
e. Sistem informasi distribusi
Menyediakan berbagai macam informasi yang ada hubungannya dengan penyaluran dan pengiriman barang atau jasa ke berbagai tempat.
f. Sistem informasi pembelian
Menyediakan berbagai macam informasi yang ada hubungannya dengan permintaan barang dari konsumen dan lain-lain.
g. Sistem informasi kekayaan
Menyediakan berbagai macam informasi yang ada hubungannya dengan investasi, aset perusahaan dan lain-lain.
h. Sistem informasi penelitian & pengembangan
Menyediakan berbagai macam informasi
yang ada hubungannya dengan analisis data, penyajian data dan lain-lain
untuk memecahkan masalah yang ada demi kemajuan dan perkembangan
organisasi.
i. Sistem informasi analisis kredit
Menyediakan berbagai macam informasi
yang ada hubungannya dengan permohonan kredit dari berbagai aspek yang
ada pada organisasi .
j. Sistem informasi teknik
Menyediakan berbagai macam informasi yang ada hubungannya dengan sistem-sistem yang ada pada organisasi.
H. Tingkatan-Tingkatan Manajemen
Sistem informasi akan memberikan
berbagai macam informasi kepada manajemen/manager. Adapun
tingkatan-tingkatan manajemen dalam organisasi, diantaranya:
a. Top Level Management
Disebut juga dengan manajemen puncak,
biasanya terdiri dari CEO, pimpinan direksi, general manager atau
presiden direksi. Top level manajemen merupakan tingkatan manajemen yang
tertinggi dalam suatu organisasi, memiliki tanggung jawab terhadap
semua aktivitas atau kegiatan organisasi.
b. Middle Level Management
Disebut juga manajemen menengah,
biasanya seperti manajer divisi, kepala cabang-cabang, kepala departemen
dan lain-lain. Mempunyai tugas untuk mengembangkan rencana-rencana
sesuai dengan tujuannya dan memiliki tanggung jawab kepada manajemen
puncak.
c. Lower Level Management
Disebut juga dengan manajemen lini
pertama, biasanya seperti mandor, supervisor dan lain-lain. Merupakan
tingkatan manajemen paling bawah, bertugas untuk memimpin dan mengawasi
petugas-petugas operasional dan bertanggung jawab kepada manajemen yang
lebih tinggi.
Perlu diketahui bahwa sistem informasi
manajemen tidak selalu menggunakan atau membutuhkan perangkat komputer
dalam operasionalnya. Demikian tulisan yang menjelaskan tentang
pengertian sistem informasi manajemen, semoga dapat dipahami dan
tentunya semoga dapat memberikan manfaat terutama dalam menambah
pengetahuan pembaca.
Mantap betul bang
BalasHapusKabar baik Allah yang Maha Kuasa telah begitu setia kepada saya dan seluruh keluarga saya untuk menggunakan perusahaan pinjaman ibu Emily untuk mengubah situasi keuangan hidup saya untuk kehidupan yang lebih baik dan lebih stabil sehingga sekarang saya memiliki bisnis sendiri di kotaNama saya Nur Khomariyah dari kota Sidoarjo, saya ingin mengucapkan terima kasih kepada ibu. Emily karena membantu saya dengan pinjaman yang baik setelah saya menderita di tangan pemberi pinjaman palsu yang menipu saya karena uang saya tanpa menawarkan saya pinjaman, saya memerlukan pinjaman selama 2 tahun terakhir untuk memulai bisnis saya sendiri di kota Sidoarjo tempat saya tinggal dan saya jatuh ke tangan perusahaan palsu di India yang telah menipu saya dan tidak menawarkan pinjaman kepada saya dan saya sangat frustrasi karena saya kehilangan semua uang saya ke perusahaan palsu di India, karena saya berutang kepada bank dan teman-teman saya dan saya tidak punya orang untuk dituju, sampai suatu hari teman setia saya menelepon Slamet Raharjo setelah membaca kesaksiannya tentang bagaimana dia mendapat pinjaman dari ibu perusahaan pinjaman Emily, jadi saya harus menghubungi Slamet Raharjo dan dia mengatakan kepada saya dan meyakinkan saya untuk menghubungi ibu emily bahwa dia adalah ibu yang baik dan saya harus memanggil keberanian dan saya menghubungi ibu emily perusahaan dan secara mengejutkan, pinjaman saya diproses dan disetujui dan dalam waktu 2 jam pinjaman saya dipindahkan ke akun saya dan saya sangat terkejut bahwa ini adalah keajaiban dan saya harus bersaksi tentang ibu pekerjaan yang baik Emilyjadi saya akan menyarankan semua orang yang membutuhkan pinjaman untuk menghubungi ibu perusahaan pinjaman Emily melalui email: emilygregloancompany@gmail.com. atau whatsapp +1 (669) 4002627 dan saya meyakinkan Anda bahwa Anda akan bersaksi seperti yang telah saya lakukan dan Anda juga dapat menghubungi saya untuk informasi lebih lanjut tentang Mother Emily melalui saya email: nurkhomariyah1989@gmail.com dan Anda masih dapat menghubungi teman saya Nur Syarah yang memperkenalkan saya kepada Ms. Margaret melalui email: slametraharjo211989@gmail.comsemoga Tuhan terus memberkati dan mendukung ibu Emily yang telah mengubah kehidupan finansial saya.
BalasHapus